Tipe-Tipe Flagela Bakteri


Bakteri adalah makhluk hidup ber sel tunggal yang berukuran sangat kecil dan mempunyai struktur sangat komplek. Setiap struktur tubuh memiliki fungsi dan kegunaan tertentu, salah satunya adalah Flagela. Flagela adalah struktur mirip ekor panjang atau dikenal juga sebagai ekor cambuk yang terletak di luar dinding sel bakteri. Fungsi utama dari flagela pada bakteri dan makhluk hidup bersel tunggal lainnya adalah untuk berenang dan meluncur. 

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi, Struktur dan Fungsi Flagela pada Bakteri

Flagela adalah sebuah struktur filamen sitoplasmik yang komplek yang menonjol ke arah dinding sel bakteri. 

Flagela tersusun oleh sebuah protein bernama flagelin, tidak bercabang, berukuran panjang mirip seperti cambuk dan tersemat diantara selaput membran sel. Diameter flagela antara 12-30 nm dengan panjang 5-16 µm. 

Fungsi utama flagela pada bakteri adalah untuk motilitas, yaitu dengan cara berenang atau meluncur. Kemampuan berenan atau meluncur bakteri adalah sebagai salah satu upaya untuk bertahan hidup di lingkungan.

Struktur Flagela Bakteri

B. Tipe-Tipe Flagela Bakteri

Flagela mempunyai 4 tipe berdasarkan jumlah dan letaknya pada permukaan dinding sel bakteri, yaitu tipe Monotrik, Amfitrik, Lofotrik dan Peritrik.

1.  Tipe Flagela Monotrik

Tipe flagela Monotrik secara struktur terdiri dari satu buah filamen yang terletak di salah satu ujung setiap sel bakteri. Contoh spesies bakteri yang memiliki tipe ini diantaranya adalah Vibrio cholerae, Campylobacter spp., dan Caulobacter crescentus. Struktur flagela Monotrik bakteri dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:


2. Tipe Flagela Amfitrik

Tipe flagela Amfitrik secara struktur terdiri dari satu atau lebih filamen yang terletak di kedua ujung setiap sel bakteri. Contoh spesies bakteri yang memiliki tipe ini diantaranya adalah Campylobacter jejuni, Rhodospirillum rubrum, dan Magnetospirillum. Struktur flagela Amfitrik bakteri dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:


3. Tipe Flagela Lofotrik

Tipe flagela Lofotrik secara struktur terdiri dari multi filamen yang hanya terletak di salah satu ujung sel bakteri. Contoh spesies bakteri yang memiliki tipe ini diantaranya adalah Spirillium, dan Pseudomonas fluorescens. Struktur flagela Lofotrik bakteri dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

 

4. Tipe Flagela Peritrik

Tipe flagela Peritrik secara struktur terdiri dari multi filamen terletak tidak hanya di ujung sel bakteri tapi hampir memenuhi setiap permukaan dinding sel bakteri yang menjulur ke semua arah. Contoh spesies bakteri yang memiliki tipe ini diantaranya adalah  Escherichia coli, Bacillus subtilis, Salmonella, dan Klebsiella. Struktur flagela Peritrik bakteri dapat dilihat pada gambar sebagai berikut:

 C. Sumber & Referensi

  • Madigan, M.T., martinko, J.M., dan Brock, T.D. 2006. Brock biology of Microorganism. Pearson Prentice Hall, New Jersey..

0 Response to "Tipe-Tipe Flagela Bakteri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel