Salmonella Shigella Agar (SSA) - Prinsip, Kegunaan, Komposisi dan Prosedur Pembuatan

Salmonella Shigella Agar (SSA) adalah medium pertumbuhan bakteri yang bersifat selektif dan diferensial. Medium ini dapat digunakan sebagai media isolasi, kultivasi dan membedakan tipe pertumbuhan bakteri Salmonella spp. dan Shigella spp. Kedua genus bakteri ini merupakan patogen enterik yang dapat diisolasi dari sampel klinis dan makanan yang memiliki ciri-ciri Gram negatif non-koliform dan tidak mampu memfermentasi laktosa.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Prinsip Medium Salmonella Shigella Agar

Medium Salmonella Shigella Agar mengandung komposisi tertentu untuk mengisolasi dan membedakan tipe pertumbuhan bakteri Salmonella spp dan Shigella spp.

Sifat selektif medium Salmonella Shigella Agar diperantarai oleh komposisi berupa brilliant green, bile salts, thiosulphate dan citrate yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri Gram positif dan bakteri koliform. 

Sifat diferensial medium Salmonella Shigella Agar diperantarai oleh adanya komposisi laktosa, neutral red dan Ferric citrate. Laktosa difermentasi oleh bakteri dan menghasilkan asam. Neutral red sebagai indikator warna bereaksi dengan asam dan menghasilkan warna merah muda pada koloni bakteri. 

Ferric citrate berperan untuk mendeteksi produksi Hidrogen Sulfida (H2S) yang dihasilkan oleh bakteri. H2S bereaksi dengan ferric citrate menghasilkan warna hitam pada bagian tengah koloni bakteri.

B. Kegunaan Medium Salmonella Shigella Agar

Kegunaan dari medium Salmonella Shigella Agar adalah untuk media isolasi dan diferensiasi pertumbuhan bakteri Salmonella spp dan Shigella spp dari sampel klinis maupun non-klinis. Keberadaan kedua bakteri ini bermanfaat dalam penegakan diagnosis terhadap suatu penyakit atau kejadian pencemaran.

C. Komposisi Medium Salmonella Shigella Agar

Komposisi Medium Salmonella Shigella Agar menurut formulasi Oxoid adalah sebagai berikut:

KomposisiJumlah
Lab-Lemco’ powder
5 gram
Peptone5 gram
Lactose
10 gram
Bile salts
8.5 gram
Sodium citrate
10 gram
Sodium thiosulphate
8.5 gram
Ferric citrate
1 gram
Brilliant green
0.00033 gram
Neutral red
0.025 gram
Agar
15 gram
Akuades
1 Liter
Final pH
7.0 ± 0.2 @ 25°C

D. Prosedur Pembuatan Medium SSA

  1. Formula medium Indole pada berdasarkan produk dari Oxoid  adalah 63 gram dalam 1 Liter akuades. Jadi untuk membuat 1 liter (1000 ml) medium dibutuhkan sebanyak 63 gram bubuk medium SSA yang dilarutkan kedalam 1 liter akuades.
  2. Pertama timbang medium sebanyak 63 gram menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  3. Masukkan medium ke dalam labu Erlenmeyer dan tambahkan 1 liter akuades.
  4. Aduk dan panaskan larutan medium menggunakan alat hot plate dan magnetic stirrer. Tunggu hingga larutan mendidih serta pastikan medium larut dengan sempurna atau tidak terjadi penggumpalan.
  5. Pemanasan hingga mendidih berfungsi untuk sterilisasi medium. Medium ini tidak cocok disterilisasi dengan Autoclave karena dapat merusak komponen medium.
  6. Setelah selesai dipanaskan tunggu medium turun suhunya (± 50-60 °C).
  7. Tuang medium pada cawan petri steril secara aseptis dan tunggu hingga medium memadat.
  8. Medium siap digunakan.
 

E. Interpretasi Pertumbuhan Bakteri pada Medium SSA

  • Bakteri Salmonella spp. tidak mampu memfermentasi laktosa, namun menghasilkan Hidrogen Sulfida. Koloni bakteri Salmonella spp. akan tampak berwarna bening atau transparan dengan warna hitam di tengah koloni.
  • Bakteri Shigella spp. tidak mampu memfermentasi laktosa dan juga tidak menghasilkan Hidrogen Sulfida, sehingga koloninya hanya akan tampak berwarna bening atau transparan.
  • Bakteri lain seperti E. coli, Enterobacter dan Klebsiella mampu memfermentasi laktosa, namun tidak menghasilkan Hidrogen Sulfida sehingga koloninya akan tampak berwarna merah muda (pink).
 

F. Sumber & Referensi

  • Merck Microbiology Manual 12th Edition - SS Agar (Salmonella Shigella Agar)
  • Oxoid.com - SALMONELLA SHIGELLA AGAR (SS AGAR).

1 Response to "Salmonella Shigella Agar (SSA) - Prinsip, Kegunaan, Komposisi dan Prosedur Pembuatan"

  1. The rise in consumer adoption may lead to an increase in 3D piracy, i.e., the ability of consumers to fabricate the products by themselves as a substitute of buying for} them from suppliers. A pet product startup Direct CNC hired Ventrify Inc. to design and produce a 3D-printed canine treat dispenser. They additionally offered advertising evaluation and at the moment are|are actually} sourcing samples of the shopper's product from manufacturers. Mako Design + Invent is a product design and business consulting firm based in Austin. Founded in 1999, their staff of 30 serves clients within the consumer products and healthcare sectors.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel