3 Jurnal Online Mikrobiologi Taraf Internasional yang Open Access dan Terindek Scopus


Di era literasi saat ini para peneliti, akademisi maupun pekerja profesional berlomba-lomba mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam sebuah jurnal ilmiah. Menjadi kebanggan tersendiri apabila karya ilmiah lolos skrining dan review oleh penerbit. Ganjarannya adalah karya tulis baik karya tulis ilmiah, artikel ilmiah maupun article review akan mendapat prioritas untuk dipublikasikan. Informasi yang dimuat oleh penulis dalam jurnal ilmiah akan bermanfaat untuk meningkatkan literasi ilmu pengetahuan dan tentunya akan menaikkan rating penulis.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Prinsip Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah itu sendiri adalah publikasi berkala dari komunitas akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru, dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah berbentuk kumpulan artikel karya ilmiah yang didahului dengan proses penelaahan oleh orang-orang kompeten dibidangnya untuk mendapatkan objektivitas setinggi mungkin

Jurnal ilmiah biasanya diterbitkan dalam bentuk buku (hardcopy) atau secara online (softcopy), tapi kebanyakan saat ini sudah mulai bergeser menjadi paperless melalui platform digital. Topik penelitian yang dimuat juga sangat beragam, dari ilmu pengetahuan alam (life sciences), sosial-ekonomi, politik, teknik hingga seni-budaya.

B. Jurnal Online Mikrobiologi 

Ada beberapa jurnal ilmiah yang secara khusus memuat topik tertentu seperti ilmu Biologi dan Mikrobiologi. Berikut adalah 3 jurnal online kredibel dengan cakupan bidang Mikrobiologi dan menjadi top pencarian di laman google search engine

1. Journal of Microbiology, Biotechnology and Food Science

Journal of Microbiology, Biotechnology and Food Science adalah jurnal online internasional yang open access atau terbuka untuk umum karena untuk membaca artikelnya kita tidak perlu membayar alias gratis. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Biotechnology and Food Science dari Universitas Agrikultur Slovak di Nitra, Slowakia dan sudah terindek Scopus. Jurnal ini disunting oleh pakar yang kompeten di bidangnya (peer review) dan diterbitkan periodik sebanyak 6 kali dalam satu tahun.

Fokus utama dari artikel ilmiah atau artikel review yang diterbitkan adalah tentang hewan, tanaman dan mikrobiologi lingkungan (termasuk ke dalamnya bakteri, fungi, yeast, alga, protozoa, dan virus), bioteknologi dan fisiologi hewan dan tanaman, genetika hewan dan tanaman, kimia dan biokimia pangan dan agrikultur, kontrol pangan, evaluasi dan proses pada ilmu pangan dan ilmu lingkungan.

2. Malaysian Journal of Microbiology (MJM)

Malaysian Journal of Microbiology (MJM) adalah jurnal ilmiah online internasional yang diterbitkan dibawah naungan komunitas mikrobiologi malaysia (Malaysian Society for Microbiology) dan sudah terindek Scopus. Jurnal ini secara khusus membahas topik tentang mikrobiologi dan yang berkolerasi seperti ilmu pangan, agrikultur, industri, penyakit tanaman, bioteknologi, genetika mikroba, lingkungan, tanah, air dan bideterioration. Jurnal ini bersifat open access yang secara gratis dapat diunduh oleh para pengguna atau institusi dan terbit 6 kali dalam periode 1 tahun.

3. Journal of Microbiology and Biotechnology (JMB)

Journal of Microbiology and Biotechnology (JMB) adalah jurnal ilmiah internasional yang terbit dibawah naungan komunitas masyarakat Mikrobiologi dan Bioteknologi Korea (KMB). Jurnal ini terbit sebulan sekali dengan cakupan topik tentang Mikrobiologi, Bioteknologi dan disiplin ilmu terkait. Jurnal ini sudah terindek Scopus dengan impact factor 1.992.

C. Sumber & Referensi

  • jmbfs.org
  • jmb.or.kr
  • mjm.usm.my

0 Response to "3 Jurnal Online Mikrobiologi Taraf Internasional yang Open Access dan Terindek Scopus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel