MacConkey Agar (MAC) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji


MacConkey Agar (MAC) adalah salah satu medium pertumbuhan bakteri yang bersifat selektif dan diferensial. Medium ini biasanya digunakan untuk menumbuhkan kelompok bakteri Gram negatif. Selain bakteri Gram negatif tidak dapat tumbuh pada medium ini. 

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Kegunaan Medium MacConkey Agar

Medium MacConkey Agar (MAC) merupakan medium selektif dan diferensial untuk pertumbuhan bakteri. Medium ini ditemukan dan dikembangkan oleh Alfred Theodore MacConkey yang merupakan seorang bakteriologis, saat bekerja di Royal Commission on Sewage Disposal. Medium MacConkey Agar (MAC) secara khusus digunakan mengisolasi bakteri enterik saluran pencernaan yang memiliki sifat Gram negatif (-) dan mampu memfermentasi laktosa.

B. Prinsip Medium MacConkey Agar

Medium MacConkey Agar (MAC) disebut medium selektif karena hanya dapat menumbuhkan kelompok bakteri Gram negatif. Bakteri kelompok Gram positif tidak dapat tumbuh pada medium ini karena dihambat oleh komponen Bile salts and crystal violet. Medium juga bersifat diferensial karena dapat membedakan tipe bakteri yang mampu memfermentasi laktosa (laktosa positif) dan tidak mampu memfermentasi laktosa (laktosa negatif).

Fermentasi laktosa oleh bakteri dideteksi dengan neutral red sebagai indikator pH pada medium. Laktosa ketika difermentasi akan menghasilkan asam dan menurunkan nilai pH medium. Neutral red pada pH rendah akan berubah warna menjadi, yang menandakan terjadinya fermentasi laktosa. Sedangkan medium akan tetap berwarna kuning apabila tidak terjadi fermentasi laktosa.

C. Komposisi Medium MacConkey Agar (MAC)

Komposisi medium MacConkey Agar adalah sebagai berikut:

KomposisiSatuanFungsi
Peptone (Pancreatic digest of gelatin)17 gramSumber nitrogen
Proteose peptone (meat and casein)3 gramSumber karbon dan energi, serta sebagai parameter uji
Lactose monohydrate10 gramSumber energi
Bile salts1,5 gramInhibitor bakteri Gram positif
Natrium klorida5 gramMenjaga keseimbangan osmotik
Neutral red0,03 gramindikator pH
Crystal Violet0,001 gramInhibitor bakteri Gram positif
Agar13,5 gramPemadat
Akuades1 literPelarut
Final pH7,1 ± 0.2 @ 25°C

D. Cara Pembuatan Medium MacConkey Agar (MAC)

Langkah-langkah pembuatan medium MacConkey Agar adalah sebagai berikut:

  1. Formula  MacConkey Agar adalah 50 gram / liter akuades. Jadi untuk membuat 1 liter / 1000 ml medium dibutuhkan sebanyak 50 gram serbuk medium MacConkey Agar yang dilarutkan kedalam 1 liter akuades.
  2. Timbang medium menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  3. Larutkan 50 gram medium kedalam 1 liter akuades dengan cara dipanaskan pada suhu 80°C sambil diaduk menggunakan alat hot plate and magnetic stirrer. Pastikan medium larut dengan sempurna dan tidak terjadi penggumpalan.
  4. Atur pH medium hingga mencapai 7.1 ± 0,2.
  5. Mengatur pH medium dapat menggunakan alat pH meter agar hasilnya lebih akurat. Apabila saat pengukuran awal medium mempunyai pH diatas 7.1 maka dapat ditambah larutan HCL sedikit demi sedikit. Dan sebaliknya apabila pH medium lebih rendah dari 7.1 dapat ditambah larutan NaOH.  
  6. Medium yang telah jadi dimasukkan kedalam erlenmeyer atau sesuai kebutuhan kemudian ditutup dengan tidak rapat / renggang.
  7. Sterilisasi medium menggunakan autoklaf pada suhu 121°C dan tekanan 2 Atm selama 15 menit.
  8. Setelah disterilisasi dan medium masih bersifat cair, medium dapat dituang pada cawan petri steril secara aseptis.
 

E. Interpretasi Uji Medium MacConkey Agar (MAC)

1. Interpetasi positif (bakteri memfermentasi laktosa)

Media dan koloni bakteri berwarna merah muda hingga merah. Hal ini terjadi akibat produksi asam dari fermentasi laktosa. Neutral red pada media berwarna merah atau merah muda saat pH di bawah 6,8. Bile salt dapat mengendap di sekitar koloni akibat perubahan pH. Contoh bakteri fermentasi laktosa: Escherichia coli, Klebsiella sp.

2. Interpetasi negatif (bakteri tidak memfermentasi laktosa)

Media dan koloni bakteri tidak berwarna atau tetap berwarna kuning. Contoh bakteri yang tidak memfermentasi laktosa: Salmonella sp., Shigella sp., Pseudomonas aeruginosa.



F. Sumber & Referensi

  • https://medlab.id/media-macconkey-agar/
  • https://www.austincc.edu/microbugz/macconkey_agar.php
  • https://asm.org/Articles/2019/October/The-Origin-of-MacConkey-Agar 

0 Response to "MacConkey Agar (MAC) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel