Czapek’s agar (CZA) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji


Sebagian besar medium pertumbuhan mikroorganisme yang kita ketahui digunakan untuk mengkultivasi kelompok bakteri. Namun ada medium khusus yang digunakan untuk mengkultivasi fungi. Medium tersebut bernama Czapek's Dox Agar atau Czapek's Agar (CZA).  

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Kegunaan Medium Czapek's Agar

Medium Czapek’s agar (CZA) merupakan medium pertumbuhan baik untuk propagasi fungi terutama fungi saprofit, bakteri tanah dan mikroorganisme lain. Medium ini ditemukan dan dikembangkan oleh 2 orang ilmuan, yang pertama adalah ahli tanaman asal Ceko bernama Friedrich Johann Franz Czapek, dan ahli kimia asal Amerika bernama Arthur Wayland Dox. Sehingga nama medium CZA diambil dari kedua nama ilmuan tersebut.

Medium Czapek’s agar (CZA) mampu mendukung pertumbuhan hampir semua jenis Aspergillus saprofit, Candida, Penicillium, and Paecilomyces. Di dalam medium ini mengandung sodium nitrat sebagai sumber utama Nitrogen yang baik untuk pertumbuhan fungi. Fungi Aspergillus saprofit dapat memproduksi miselia dan konidia pada medium ini.

Magnesium glycerophosphate dan potassium sulphate yang ditambahkan dalam medium Czapek’s agar (CZA) dapat menggantikan senyawa magnesium sulphate dan potassium phosphate of the original. Modifikasi ini berguna untuk mengidentifikasi Candida albicans dengan terbentuknya struktur Klamidiospora pada medium.

Medium Czapek’s agar (CZA) dapat dimodifikasi dengan meningkatkan keasaman medium untuk mendukung pertumbuhan organisme asidofilik seperti kelompok yeast.

B. Komposisi Medium Czapek’s Agar

Komposisi medium Czapek’s Agar menurut Oxoid adalah sebagai berikut:

KomposisiSatuan
Sukrosa30 gram
Sodium nitrat2 gram
Dipotassium phosphate 1 gram
Magnesium sulphate0,5 gram
Potassium chloride0,5 gram
Ferrous sulphate0,01 gram
Agar15 gram
Distilled Water1 liter
Final pH 7,3 ± 0.2 @ 25°C

C. Cara Pembuatan Medium Czapek’s Agar

  1. Formula Czapek’s Agar menurut Oxoid adalah 45.4 gram / liter akuades. Jadi untuk membuat 1 liter / 1000 ml medium dibutuhkan sebanyak 45.4 gram serbuk medium CZA yang dilarutkan kedalam 1 liter akuades.
  2. Timbang medium menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  3. Larutkan medium kedalam 1 liter akuades dengan cara dipanaskan pada suhu 80°C sambil diaduk menggunakan alat hot plate and magnetic stirrer. Pastikan medium larut dengan sempurna dan tidak terjadi penggumpalan.
  4. Medium yang telah jadi dimasukkan kedalam tabung reaksi / tabung vial sesuai kebutuhan dan ditutup dengan tidak rapat / renggang.
  5. Setelah disterilisasi dan medium masih bersifat cair, medium dalam tabung reaksi dimiringkan hingga 45- 50°C. Medium dalam erlenmeyer dituang dalam cawan steril secara aseptis.
  6. Tunggu medium hingga memadat dan simpan pada suhu 2-8°C apabila tidak digunakan.

D. Interpretasi Uji Medium CZA

  • Yeast atau kapang atau keduanya : Adanya koloni pada medium
  • Candida albicans: Koloni berwarna krem
  • Aspergillus niger: Koloni berwarna putih/kuning dengan miselium berwarna putih/kuning, spora hitam
  •  


E. Sumber & Referensi

  • CZAPEK-DOX AGAR". Hardy Diagnostics Instructions for Use. Santa Maria, CA: Hardy Diagnostics. Archived from the original on 8 July 2017. Retrieved 3 October 2017.
  • Dawson Christine O. (1962) Saboutaudia 1. 214-219
  • http://www.himedialabs.com/
  • http://www.oxoid.com/
  • Singh, Gavendra., Soam Prakash. 2012. Ethal Effects of Aspergillus niger against Mosquitoes Vector of Filaria, Malaria, and Dengue: A Liquid Mycoadulticide. The Scientific World Journal 2012(53):603984.

0 Response to "Czapek’s agar (CZA) - Definisi, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel