Ciri-Ciri Bakteri Gram Negatif dan Contoh Spesiesnya


Bakteri Gram negatif dibedakan dengan bakteri Gram positif berdasarkan hasil teknik pewarnaan Gram. Teknik pewarnaan Gram ditemukan pada tahun 1884 oleh seorang ilmuwan asal Denmark bernama Hans Christian Gram. Pada prinsipnya, teknik pewarnaan Gram akan membedakan bakteri berdasarkan komposisi dinding sel bakteri yang berupa peptidoglikan. Konsentrasi peptidogikan pada dinding sel bakteri Gram negatif cukup sedikit (tipis), berbeda dengan bakteri Gram positif yang banyak (tebal).

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Prinsip Pewarnaan Gram

Pewarnaan Gram adalah teknik pewarnaan sel bakteri yang ditemukan oleh Hans Christian Gram pada tahun 1884 dengan menggunakan 2 jenis pewarna utama, yaitu Kristal Violet dan safranin. Kedua pewarna utama tersebut akan memberi warna peptidoglikan pada dinding sel bakteri. Kristal violet adalah pewarna primer yang akan memberi warna ungu, sedangkan pewarna safranin sebagai pewarna sekunder akan memberi warna merah. Kemudian terdapat larutan mordant untuk meningkatkan afinitas ikatan pewarna dan terdapat larutan dekolorisasi untuk menghapus pewarna.

Dinding sel bakteri Gram negatif mengndung konsentrasi peptidoglikan yang tipis, sehingga akan sulit untuk mengikat pewarna primer setelah dilakukan dekolorisasi menggunakan alkohol. Dinding sel hasil dekolorisasi sudah tidak mengikat warna, sehingga pewarna sekunder akan mewarnai  kembali peptidoglikan. Hasil pewarnaan sel bakteri Gram negatif adalah akan tampak berwarna merah/merah muda setelah diamati dibawah mikroskop.

B. Ciri-ciri bakteri Gram negatif

    1. Memiliki pembungkus / envelope sel yang berbeda dengan bakteri Gram positif.
    2. Mempunyai ruang periplasma yang memisahkan antara membran luar dengan lapisan sitoplasma.
    3. Ruang periplasma memiliki jaringan rantai peptidoglikan yang diketahui sebagai lapisan peptidoglikan.
    4. Memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis.
    5. Memiliki membran luar yang tersusun atas lipopolisakarida.
    6. Anggota dari bakteri Gram negatif tidak selamanya berkorelasi dengan kelompok Proteobakteria Gram negatif, seperti bakteri fotosintesis contohnya sianobakteria, klorobi (bakteri sulfur hijau), klorofleksi (bakteri non-sulfur hijau).
    7. Bakteri Gram negatif juga termasuk kedalam kelompok yang bersifat anaerob obligat.
    8. Bakteri Gram negatif fermentasi dapat memfermentasi banyak jenis gula, asam amino, asam-asam organik dan beberapa dapat melakukan respirasi dengan menggunakan fumarat / nitrat.
    9. Beberapa spesies dari bakteri Gram negatif juga dikenal sebagai agensia penyebab penyakit terhadap hewan, tumbuhan dan manusia.

    C. Contoh bakteri Gram negatif

    Escherichia coli

    Merupakan spesies bakteri Gram negatif yang berbentuk batang / basil. Bakteri ini merupakan bagian dari Mikrobioma tubuh makhluk hidup berdarah panas salah satunya manusia. Tidak bersifat berbahanya kecuali pada beberapa serotip yang dapat menghasilkan toksin penyebab keracunan makanan dan menyebabkan diare akut.

    Salmonella enterica

    Spesies bakteri ini termasuk kedalam kelompok bakteri Gram negatif yang berbentuk batang / basil. Bakteri ini mempunyai banyak tipe serovar berdasarkan hasil uji serologi, salah satunya adalah subspesies enterica typhi yang bertanggung jawab dalam terjadinya kasus infeksi pada usus halus manusia atau dikenal dengan penyakit tipus.

    Klebsiella pneumoniae

    Merupakan spesies bakteri Gram negatif yang berbentuk batang / basil dan mempunyai struktur kapsul yang dibentuk oleh polisakarida. Bakteri ini menjadi flora normal tubuh manusia yang tinggal di hidung dan di saluran pencernaan, tetapi bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan akut karena menyerang sel paru-paru yang dikenal di dunia medis sebagai penyakit pneumonia.

    Nitrosomonas europaea

    Merupakan spesies bakteri Gram negatif yang berbentuk batang / basil yang berhabitat di tanah sekitar perakatan tanaman / rhizosfer. Bakteri ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanaman karena dapat mengoksidasi amonia yang bersifat toksik senyawa yang mdah disera tanaman seperti nitrit dan nitrat. Dalam bidang industri bakteri ini juga dimanfaatkan untuk mengolah limbah sisa pengolahan industri agar tidak berbahaya untuk lingkungan.

    Pseudomonas aeruginosa

    Merupakan spesies bakteri Gram negatif yang berbentuk batang / basil dan mempunyai struktur kapsul. Bakteri ini bersifat patogen pada hewan, tumbuhan dan manusia. Bakteri ini bertanggung jawab terhadap terjadinya berbagai infeksi oportunistik seperti pneumonia, infeksi saluran urin dan saluran pencernaan, serta pembusukan pada akar tanaman. 

    D. Sumber & Referensi

    • Prescott M. L., Microbiology. 5th Edition
    • Trivedi, P.C., Pandey, S., dan Bhadauria, S. 2010. Text Book of Microbiology. Aavishkar Publisher, Jaipur India.

    0 Response to "Ciri-Ciri Bakteri Gram Negatif dan Contoh Spesiesnya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel