Cara Membuat Larutan Fisiologis NaCl


Larutan fisiologis atau disebut juga larutan isotonik adalah larutan yang memiliki nilai konsentrasi zat terlarut yang sama dengan cairan intraseluler, yaitu dengan kisaran konsentrasi 0,85% - 0,9% (b/v). Larutan ini dibuat dengan menambahkan garam-garam elektrolit seperti natrium klorida (NaCl), kalium klorida (KCl), kalsium klorida (CaCl2), atau magnesium klorida (MgCl2). Kebanyakan larutan fisiologis yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi medis seperti untuk cairan infus dan bidang mikrobiologi terbuat dari garam NaCl murni yang dilarutkan dalam air murni atau akuades.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Kegunaan Larutan Fisiologis

Kegunaan larutan fisiologi dalam bidang mikrobiologi diantaranya adalah:

1. Pembuatan Medium Nutrisi

Larutan fisiologis sering digunakan sebagai komponen dasar dalam pembuatan medium nutrisi untuk pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Medium nutrisi yang mengandung larutan fisiologis dapat memberikan lingkungan yang mirip dengan kondisi alami bagi mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang. 

2. Larutan Pengencer Sampel

Larutan fisiologis digunakan untuk mengencerkan sampel mikrobiologi yang kental atau terlalu pekat. Ini membantu dalam dispersi yang merata dari mikroorganisme dalam sampel, sehingga memudahkan analisis mikrobiologis.

3. Pengenceran dan Menjaga Kondisi Kultur Mikroba

Dalam teknik kultur mikrobiologi, larutan fisiologis sering digunakan untuk membuat pengenceran seri dari kultur bakteri. Ini memungkinkan untuk mendilusi/mengencerkan kultur bakteri secara bertahap, yang penting untuk mendapatkan jumlah bakteri yang terukur dalam rentang yang dapat dihitung. Selain itu saat mengencerkan mikroba, larutan fisiologis juga menjaga agar kondisi sel agar tidak pecah maupun mengkerut, sehingga tetap menjaga kelangsungan kehidupan sel.

B. Cara Membuat Larutan Fisiologis

Lalu bagaimana cara untuk membuat larutan fisiologis itu sendiri. Berikut in merupakan langkah-langkah untuk membuat larutan fisiologis NaCl dengan konsentrasi 0,85%.

  1. Timbang sebanyak 8,5 gram NaCl murni menggunakan timbangan analitik.
  2. Larutkan 8,5 gram NaCl murni dalam 1 liter akuades.
  3. Aduk merata hingga terlarut dengan sempurna meneggunakan stirrer magnetic.
  4. Masukkan kedalam botol anti-panas dan tutup dengan rapat.
  5. Sterilkan larutan dengan alat Autoclave pada suhu 121°C dan tekanan 2 Atm.
  6. Setelah selesai disterilisasi dan suhu larutan sudah mendingin, larutan dapat digunakan sesuai kebutuhan atau dapat disimpan pada suhu ruangan.

C. Sumber dan Referensi

  • Fda.gov. 2001. Physiological Saline Solution 0.85% (Sterile).
  • Tortora, G. J., Funke, B. R., & Case, C. L. (2015). Microbiology: An introduction. Pearson.
  • Pelczar Jr, M. J., Chan, E. C., & Krieg, N. R. (2010). Microbiology: Concepts and applications. McGraw-Hill Higher Education. 

0 Response to "Cara Membuat Larutan Fisiologis NaCl"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel