Medium PALCAM - Prinsip, Kegunaan, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji


Medium PALCAM merupakan salah satu jenis medium pertumbuhan bakteri bersifat selektif dan diferensial. Sifat selektif dan diferensial dari medium PALCAM digunakan untuk mengisolasi dan menyeleksi pertumbuhan bakteri Listeria monocytogenes dan mampu membedakan tipe pertumbuhan terhadap jenis bakteri lain. Bakteri Listeria monocytogenes diketahui merupakan spesies bakteri patogen yang sering ditemukan mengontaminasi bahan pangan berprotein tinggi seperti produk daging, ikan dan jamur.

{tocify} $title={Daftar isi}

A. Definisi dan Kegunaan Medium PALCAM

Medium PALCAM adalah medium pertumbuhan bakteri yang bersifat selektif dan diferensial terhadap bakteri Listeria monocytogenes. Nama PALCAM diambil dari singkatan Polymyxin-Acriflavin-Lithium chloride-Ceftazidime-Aesculin-Mannitol yang merupakan komponen penyusunnya.

Medium PALCAM di formulasikan secara khusus oleh Van Netten et al., yang berguna untuk mengisolasi dan menyeleksi bakteri Listeria monocytogenes dari sampel makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, ikan, dan jamur. Medium ini bersifat sangat selektif terhadap spesies Listeria monocytogenes karena mengandung komponen lithium chloride, ceftazidime, polymyxin B, acriflavine hydrochloride, dan dapat juga ditambah indikator warna berupa aesculin, ferrous iron dan mannitol, dan phenol red.

Bakteri Listeria monocytogenes diketahui merupakan bakteri yang sering berasosiasi dengan manusia dan sering menyebabkan terjadinya kasus keracunan atau disebut Listeriosis. Keberadaan bakteri Listeria monocytogenes pada suatu sampel bahan makanan akan menurunkan kualitas bahan pangan tersebut, bahkan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

B. Komposisi Medium PALCAM - Oxoid

Komposisi medium PALCAM menurut formulasi Oxoid adalah sebagai berikut:

KomposisiJumlah
Columbia Blood Agar Base39 gram
Yeast Extract3 gram
Glucose0,5 gram
Aesculin0,8 gram
Ferric Ammonium Citrate0,5 gram
Mannitol10 gram
Phenol Red0,08 gram
Lithium Chloride15 gram
Agar13 gram
Distilled Water1 liter
Final pH 7,2 ± 0.2 @ 25°C

C. Cara Membuat Medium PALCAM - Oxoid

  1. Formula medium PALCAM menurut produk Oxoid adalah 34,5 gram per 500 ml akuades. Jadi untuk membuat 500 ml medium dibutuhkan sebanyak 34,5 gram serbuk medium PALCAM yang telah disediakan oleh Oxoid.
  2. Timbang medium menggunanakan timbangan analitik agar lebih presisi.
  3. Larutkan 34,5 gram medium kedalam 500 ml akuades sambil dipanaskan secara bertahap menggunakan alat hot plate and magnetic stirrer hingga mencapai suhu 80°C, dan jangan lupa sambil diaduk. Pastikan medium larut dengan sempurna dan tidak terjadi penggumpalan.
  4. Setelah larut secara sempurna, atur pH medium hingga mencapai 7.2 ± 0.2.
  5. Mengatur pH medium dapat menggunakan alat pH meter agar hasilnya lebih akurat. Apabila saat pengukuran awal medium mempunyai pH diatas 7.2 maka dapat ditambah larutan HCL sedikit demi sedikit. Dan sebaliknya apabila pH medium lebih rendah dari 7.1 dapat ditambah larutan NaOH.  
  6. Medium yang telah disesuaikan pH nya dimasukkan ke dalam Erlenmeyer atau sesuai kebutuhan, dan kemudian ditutup dengan tidak rapat / renggang.
  7. Medium disterilisasi dengan teknik panas bertekanan tinggi menggunakan alat Autoclave.
  8. Setelah disterilisasi dan medium masih dalam kondisi cair, dapat secara langsung dituang dalam cawan steril secara aseptis.
  9. Tunggu medium hingga memadat dan dapat di simpan pada suhu 2-8°C apabila tidak digunakan untuk menghindari kontaminasi.
 

D. Interpretasi Uji pada Medium PALCAM

  • Pengamatan pertubuhan bakteri Listeria monocytogenes dapat dilakukan setelah 48 jam inkubasi pada suhu 37°C. 
  • Koloni Listeria monocytogenes pada medium PALCAM berukuran rata-rata 2 mm dan memiliki warna abu-abu kehijauan.
  • Medium disekitar koloni bakteri Listeria monocytogenes terbentuk lingkaran berwarna hitam  karena terjadi hidrolisis komponen aeskulin dari medium.
  • Bakteri lain yang tumbuh pada medium PALCAM seperti enterococci atau staphylococci akan berwarna abu-abu dengan lingkaran berwarna coklat-hijau disekitar koloni, atau koloni berwarna kuning dengan lingkaran berwarna kuning disekitar koloni. 

Interpretasi Koloni Listeria monocytogenes pada Medium PALCAM

E. Sumber & Referensi

  • BD Diagnostic Systems Europe. 2003. PALCAM Listeria Agar - INSTRUCTIONS FOR USE – READY-TO-USE PLATED MEDIA. Becton Dickinson France SA.
  • http://www.oxoid.com/
  • Van Netten P., Peralse I, Van de Mosdik A., Curtis G.D.W., Mossel D. A.A. 1989. Palcam Medium. Int. J. Food Microbiol., 8(4):299.

0 Response to "Medium PALCAM - Prinsip, Kegunaan, Komposisi, Cara Pembuatan dan Interpretasi Uji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel